Waspadai 5 Ciri-Ciri jasa konsultan pajak Abal-Abal

Jasa Konsultan Pajak Ternyata ditengah gencarnya penggalakan pembayaran pajak oleh pemerintah kepada wajib pajak, oknum-oknum nakal ada saja yang berusaha memanfaatkan situasi tersebut untuk mendapatkan keuntungan pribadi dengan memberikan penawaran jasa konsultan pajak namun abal-abal. Padahal jasa konsultan pajak wilayah Surabaya yang terpercaya siap untuk menangani persoalan pajak mereka.

Mungkin untuk para pebisnis yang berpikiran pendek dan sempit, mereka tidak akan ragu dan segan untuk memanfaatkan jasa abal-abal tersebut dengan dalih menghemat pengeluaran untuk pajak. Namun sebenarnya hal ini begitu beresiko untuk diri pribadi maupun perusahaan secara menyeluruh.

Apabila anda masih bingung menentukan jasa konsultan pajak mana yang akan diberikan amanah untuk perusahaan anda, maka anda harus mengetahui ciri-ciri dari konsultan pajak yang mengiming-imingi jasa abal-abal yang pastinya harus anda jauhi karena tidak kompeten. Yang terpenting jangan sampai anda berurusan dengan pihak yang satu ini:

  1. Bukan hanya menawarkan jasa tax planning

Anda perlu berhati-hati jika menemukan oknum jasa konsultan pajak yang tidak hanya memberikan penawaran berupa jasa tax planning. Namun konsultan tersebut juga menawarkan jasa lain yang berkaitan dengan pengurangan, penggelapan dan beragam jenis kecurangan pajak yang lain.

Jasa konsultan pajak yang baik tidak akan berbuat demikian, namun ia akan menawarkan jasa yang transparan kepada wajib pajak sehingga mampu mewujudkan masyarakat dan perusahaan sebagai warga negara yang baik dengan menjadi pribadi taat pajak.

  1. Memperkecil pajak dengan melanggar aturan/UU

Anda harus berhati-hati dengan jasa konsultan pajak yang memanfaatkan profesinya untuk meminimalisir pajak yang semestinya dibayarkan dengan memperkecil kewajiban pajak dengan tax evasion atau penggelapan. Hal ini tentunya melanggar aturan Undang-Undang, adapun cara memperkecil pajak tersebut meliputi:

  • Memperkecil penghasilan yang meliputi: melaporkan sebagian pendapatan, menurunkan harga jual dari yang seharusnya serta memilih menjual pada pengusaha non-PKP agar lebih gampang dalam melapor penjualannya.
  • Memperbesar beban usaha
  • Memperbesar harga pokok dari barang yang dijual
  • Merendahkan harga dari ekspor barang terhadap perusahaan yang memiliki hubungan spesial di luar negeri
  • Meninggikan harga dari impor barang maupun jasa yang ditawarkan oleh perusahaan yang mempunyai hubungan spesial di luar negeri
  • Pembayaran dividen menuju pemegang dilakukan secara terselubung seakan-akan pembayaran hutang
  • Merendahkan pendapatan pegawai maupun pembayaran yang lain, sedang pada perhitungan laba-rugi perusahaan ditinggikan, karena untuk merendahkan laba dikenakan pph badan
  1. Biaya konsultasi tidak wajar

Anda perlu pasang kuda-kuda apabila ada jasa konsultan pajak yang membebankan biaya konsultasi yang sangat tidak wajar. Yang dimaksud tidak wajar disini adalah lebih murah dibanding jasa rata-rata yang ditawarkan oleh konsultan pajak yang lain.

Pada dasarnya jasa konsultan pajak yang menawarkan jasa murah tersebut tidak semuanya buruk citranya. Tetapi sebaiknya anda tetap memperhatikan dengan seksama siapa jasa nantinya yang akan anda bebankan amanah. Hal ini penting mengingat penggunaan jasa ini menyangkut roda kehidupan perusahaan.

  1. Memperoleh blacklist dari para kolega

Anda harus memperbanyak informasi tentang jasa konsultan pajak yang terpercaya dan memiliki track record yang baik. Hal ini supaya anda terhindar dari konsultan pajak yang mendapat review jelek dari para kolega maupun kenalan.

Untuk itu anda dapat bertanya kepada orang yang pernah menggunakan jasa konsultan pajak baik dari kenalan, teman, keluarga maupun kolega bisnis terkait konsultan terbaik untuk kelangsungan bisnis anda. Jika anda telah memegang nama dan kesan negatif justru datang dari para kolega, berarti anda harus berfikir berkali-kali ketika akan memanfaatkan jasa dari konsultan tersebut.

  1. Tidak mempunyai track record

Mungkin saja konsultan pajak yang baru terjun di dunia jasa pekerjaan belum memiliki track record yang dapat ditelusuri. Namun anda dapat melihat profil konsultan tersebut meliputi: riwayat pendidikan, training, pelatihan dan semacamnya yang berkaitan dengan pajak.

Untuk itu, konsultan pajak baru yang belum memiliki record bukan berarti tidak boleh digunakan. Namun semuanya kembali kepada pertimbangan anda. Jika anda masih benar-benar belum memiliki gambaran, anda bisa memanfaatkan jasa konsultan pajak wilayah Surabaya yang terpercaya dan berpengalaman.

Dengan mengetahui ciri-ciri jasa konsultan pajak abal-abal di atas, anda tidak akan terperdaya dengan penawaran konsultan pajak yang nyatanya tidak kompeten dibidang perpajakan. Apalagi pajak merupakan urusan yang begitu serius dan penting, sehingga sudah seharusnya dieksekusi dengan prosedur yang benar sebagaimana jasa konsultan pajak wilayah Surabaya

untuk informasi detail tentang pajak dan akuntansi, anda bisa menghubungi: 0821-3937-3789

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.