Pentingnya Menggunakan Jasa Konsultan Pajak

Jasa Konsultan Pajak

               Banyak pertimbangan yang dilakukan sebelum menggunakan jasa konsultan pajak salah satunya adalah fee konsultan pajak. Mungkin banyak orang yang beranggapan  bahwa fee konsultan pajak sangatlah mahal sehingga banyak yang masih ragu untuk menggunakan jasa konsultan pajak. sebetulnya besarnya fee konsultan pajak tergantung oleh kasus pajak dan jenis masalah yang dihadapi oleh klien.

                Membayar pajak merupakan kewajiban bagi warga negara atau lembaga yang memiliki penghasilan tetap. Faktor utama yang melatarbelakangi seorang pribadi maupun lembaga memerlukan konsultan pajak adalah kurangnya pengetahuan mengenai sistem perpajakan yang diberlakukan sekarang ini dan untuk mencegah timbulnya masalah yang diakibatkan kelalaian membayar pajak.

                Banyak  kasus di lapangan terutama dalam hal lalai membayar pajak. Kelalaian biasanya disebabkan oleh kesibukan lembaga atau perseorangan dalam mengurusi bisnis atau pekerjaanya sehingga lupa meluangkan waktu untuk membayar kewajiban pajak. Dalam kasus  kelalaian pajak, tidak hanya pihak pajak yang dirugikan melainkan juga berdampak pada kelangsungan lembaga atau perusahaan itu sendiri.

Oleh karena itu, untuk mencegah timbulnya masalah kelalaian pajak sangat disarankan untuk menggunakan jasa konsultan pajak. Untuk sebuah perusahaan atau lembaga bisa membuat anggaran untuk membayar fee konsultan pajak. Meskipun harus membayar fee konsultan pajak, akan tetapi nilai tersebut sesuai dengan manfaat yang akan diperoleh.

Pengertian Konsultan Pajak

                Sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa konsultan pajak, ada baiknya perseorangan atau lembaga mengetahui pengertian konsultan pajak agar diketahui tugas serta peranannya dalam membantu Anda menyelesaikan segala permasalahan pajak. Karena seperti yang diketahui bahwa masih banyak orang atau lembaga yang belum mengetahui pengertian konsultan pajak.

Konsultan pajak merupakan perseorangan atau lembaga yang menjalankan tugasnya dengan memberi layanan konsultasi tentang langkah yang seharusnya ditempuh serta memberi solusi efektif dan efisien tentang masalah  yang berkaitan dengan perpajakan sesuai undang-undang pajak.

                Berdasarkan pengertian tersebut sangat  jelas tergambar tugas konsultan pajak yang tidak terlepas dari undang-undang pajak yang berlaku sehingga para klien bisa lebih percaya dan yakin untuk menggunakan jasa konsultan pajak. Dalam menjalankan tugasnya, konsultan pajak berhak menerima fee konsultan pajak sebagai penghargaan atas jasanya membantu klien. Besarnya fee konsultan pajak nantinya akan dijelaskan oleh konsultan pajak kemudian jumlah fee konsultan pajak disepakati bersama dengan klien.

Tugas Konsultan Pajak

                Untuk menggunakan jasa konsultan pajak, sangatlah penting pula untuk mengetahui tugas-tugas apa saja yang akan dilakukan oleh konsultan pajak dalam membantu klien. Mungkin banyak orang awam yang belum mengetahui secara jelas tugas- tugas konsultan pajak. Semakin berat tugas konsultan pajak, maka  semakin besar pula fee konsultan pajak. Berikut ini akan dijelaskan tugas konsultan pajak yang bisa menambah wawasan dan pertimbangan Anda untuk menggunakan jasa konsultan pajak.

  1. Jasa Konsultasi Perpajakan
    Tugas utama konsultan pajak adalah memberikan jasa konsultasi perpajakan. Dalam hal ini, konsultan pajak akan memberi pandangan serta masukan kepada klien untuk memilih startegi dan langkah yang tepat dalam menyelesaikan permasalahan pajak yang sedang dihadapi oleh klien.
  2. Perencanaan Pajak
    Dalam tugas ini, konsultan pajak akan membantu klien untuk melakukan analisa serta memberikan solusi tentang efisiensi pajak sesuai dengan undang-undang yang berlaku.
  3. Pelayanan dalam pembuatan laporan Pajak
    Laporan pajak bagi perseorangan atau lembaga biasa disebut sebagai SPT Pajak. Sistem perpajakan yang berlaku sekarang ini terkadang membuat perseorangan atau lembaga masih mengalami kesulitan untuk mengisi laporan pajak. Oleh karena itu, disnilah peran konsultan pajak untuk membantu klien dalam mengisi laporan pajak, baik itu laporan SPT masa maupun SPT tahunan.
  1. Review Pajak
    Tugas konsultan berikutnya adalah melakukan reviwe pajak. Dalam tugasnya ini, konsultan pajak akan mengidentifikasi serta memeriksa kesesuaian laporan pajak dengan akuntansi perpajakan dan perundangan pajak yang berlaku. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari adanya kesalahan laporan pajak klien.
  2. Mendampingi Pemeriksaan Pajak
    Ketika klien atau perusahaan sedang mengalami masalah perpajakan, maka konsultan pajak bertugas untuk membantu klien dalam mengatasi permasalahan pajak yang sedang dihadapi.
  3. Jasa Pelatihan Pajak
    Dalam hal ini tugas konsultan pajak adalah memberi pelatihan SOP Pajak kepada perseorangan atau lembaga.
  4. Restitusi Pajak
    Tugas terakhir konsultan pajak adalah mendampingi klien apabila terjadi masalah lebih bayar terhadap jumlah pajak terutang.

Kini di kota-kota besar telah banyak yang mulai menawarkan jasa konsultan pajak karena di kota besar banyak ditemukan masalah yang berkaitan dengan pelaporan dan pembayaran pajak. Besar fee konsultan pajak juga bervariasi sesuai dengan masalah yang dihadapi oleh klien pajak. Dengan menggunakan jasa konsultan pajak, Anda bisa sangat terbantu untuk menyelesaikan segala permasalahan pajak tanpa khawatir memperhitungkan fee konsultan pajak  yang harus Anda bayar.

untuk informasi detail tentang pajak dan akuntansi, anda bisa menghubungi: 0821-3937-3789

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.