Mengenal Berbagai Jenis Penggolongan Pajak Yang Perlu Wajib Pajak Ketahui

jasa konsultan pajak freelance Surabaya

Menurut jasa konsultan pajak freelance Surabaya, ada berbagai jenis pajak yang wajib dikenali oleh setiap wajib pajak sehingga pihak terkait memiliki sedikitnya pemahaman terkait dengan hal perpajakan. Dalam hal ini, perlu diketahui bahwa setiap pajak yang telah dihitung dengan bantuan jasa konsultan pajak yang kemudian dibayarkan, akan masuk pada kas Dirjen Pajak Negara yang nantinya akan dikelola lebih lanjut guna meningkatkan pembangunan di suatu negara tersebut.

Selain berkewajiban untuk membayar pajak, sebagai wajib pajak, anda juga harus memahami berbagai jenis pajak yang dalam pengurusannya biasa anda serahkan kepada pihak jasa konsultan pajak freelance Surabaya. Dalam hal ini, penggolongan pajak bisa dikategorikan berdasarkan jenis lembaga pemungutan dan pengelolaannya.

Jenis Pajak Menurut Lembaga Pemungutan

  1. Pajak Pusat
    Jika merujuk pada kategori pajak yang didasarkan atas lembaga pemungutan, menurut jasa konsultan pajak, ada suatu pajak yang dikenal dengan sebutan pajak pusat yang dalam pengelolaannya ini diurusi oleh pihak pemerintah yang nantinya akan dikelola oleh pihak Dirjen Pajak. Jenis pajak yang termasuk dalam kategori ini menurut jasa konsultan pajak freelance Surabaya adalah pajak penghasilan (PPh), pajak pertambahan nilai (PPN). Pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) dan bea materai.
  1. Pajak yang dikelola oleh daerah
    Menurut pihak penyedia jasa konsultan pajak, ada juga jenis pajak yang dikelola oleh pihak daerah seperti pihak provinsi, kabupaten ataupun kota. Untuk jenis pajak ini, seperti halnya pajak provinsi akan mencangkup pajak kendaraan bermotor, pajak bahan bakar kendaraan dan jenis pajak lainnya yang dikelola oleh pihak provinsi. Sedangkan untuk pajak kabupaten ataupun kota, maka menurut jasa konsultan pajak freelance Surabaya, disebutkan bahwa pajak ini meliputi pajak hiburan, pajak hotel, pajak reklame dan juga beberapa pajak lainnya yang termasuk di dalamnya pajak penerangan jalan serta bea perolehan hak atas tanah dan bangunan.

Selain itu, menurut para penyedia jasa konsultan pajak, ada juga jenis pajak bumi bangunan (PBB) yang merupakan pajak kepemilikan pribadi ataupun badan usaha. Jenis pajak ini akan dikelola oleh pihak pemerintah daerah masing-masing.

Pajak menurut cara pemungutannya

  1. Pajak langsung
    Merujuk pada pendapat jasa konsultan pajak freelance Surabaya, bahwa menurut cara pemungutannya, ada suatu pajak yang digolongkan sebagai pajak langsung. Jenis pajak yang satu ini tidak boleh dipindahtangankan kepada orang lain. Contoh dari pajak langsung ini adalah pajak penghasilan, pajak kekayaan, pajak kendaraan bermotor pajak bumi bangunan dan juga pajak deviden pembagian keuntungan atas saham yang dimiliki seseorang.
  1. Pajak tidak langsung
    Selain pajak langsung, menurut jasa konsultan pajak, ada juga pajak tidak langsung yang dalam hal ini, pajak tersebut bisa dipindahtangankan kepada orang lain. Beberapa jenis pajak yang masuk dalam kategori pajak tidak langsung adalah pajak ekspor, pajak pertambahan nilai, pajak impor bahkan pajak dari pemberlakuak pita rokok.

Pajak ditinjau dari obyek kena pajak

  1. Pajak subyektif
    Menurut jasa konsultan pajak freelance Surabaya, pajak subyektif merupakan jenis pajak yang dibayarkan dengan berdasarkan atas kondisi dari wajib pajak yang selanjutnya dengan berpatokan pada kondisi tersebut, maka pihak wajib pajak itu akan dikenai pajak yang disesuaikan dengan daya kemampuannya. Salah satu contoh dari jenis pajak ini adalah pajak PPh ataupun juga pajak penghasilan.
  1. Pajak obyektif
    Untuk jenis pajak obyektif, menurut jasa konsultan pajak, jenis pajak ini ditetapkan berdasarkan atas kondisi dari obyek yang akan dikenai pajak, apakah itu benda ataupun keadaan. Selanjutnya, dengan berpatok pada hal itu, maka pihak wajib pajak akan mengetahui besarnya pajak terhutang yang wajib dibayarkan. Pajak jenis ini tidak memandang apakah itu warna Indonesia ataupun warga asing. Contoh dari pajak obyektif adalah pajak kendaraan bermotor, pajak impor dan lain sebagainya.

Dalam membayar pajak, tentunya anda akan melakukan suatu perhitungan yang cukup mendetail, apalagi pajak itu terkait dengan pajak badan usaha. Untuk itu, bagi anda yang memang bingung dengan pengurusan pajak, maka bisa memanfaatkan jasa konsultan pajak freelance Surabaya yang terpercaya. Dengan memanfaatkan jasa semacam itu, maka anda tidak perlu pusing lagi dengan urusan pajak yang harus anda tanggung.

jika anda butuh informasi detail & konsultasi tentang pajak & akuntansi silahkan hub: 0821-3937-3789

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.