Mekanisme Pajak Restoran

Jasa Konsultan Pajak Restoran Banyak sekali masyarakat yang mulai mendirikan usaha-usaha untuk meningkatkan tingkat perekonomian mereka. Usaha yang mereka dirikan seperti restoran, warung makan sederhana, toko kebutuhan sehari- hari dan lain-lain. Dan juga tidak lepas dari jasa konsultan pajak restoran.

Usaha ini akan semakin baik dengan adanya dukungan dari pemerintah seperti menyediakan uang untuk pinjaman modal. Misalnya saja pendirian restoran, mereka tidak jarang juga meminjam dana untuk modal agar restoran yang mereka bangun bisa berjalan dengan baik. Dampak untuk pemerintahpun juga sangat baik seperti naiknya tingkat pajak.

 Pajak Restoran

Banyak penyedia jasa konsultan pajak restoran yang akan membantu para pemilik restoran dalam membayarkan dan mengurus pajak. Pajak tersebut merupakan salah satu pajak daerah yang wajib berkontribusi untuk daerah yang terhutang oleh pribadi atau juga oleh badan yang memiliki sifat memaksa para pemilik berdasarkan UU yang berlaku. Pajak tersebut tidak akan  memberikan dampak positif bagi para pembayar pajak. Karena pajak tersebut secara langsung di gunakan untuk daerah dalam memakmurkan rakyat.

Pajak sendiri ada yang di sebut wajib pajak, adalah orang atau juga badan yang merupakan pembayar pajak, pemotong pajak, dan pemungut pajak. Mereka semua memiliki hak serta kewajiban perpajakan yang sudah di atur di dalam perundang-undangan perpajakan daerah masing-masing dengan bantuan konsultan pajak restoran

Salah satu perusahaan yang banyak di miliki masyarakat adalah restoran. Dalam hal pajak, restoran sendiri memiliki pengartian sebagai fasilitas penyedia makanan dan/atau minuman dengan adanya bayaran tertentu. Termasuk juga rumah makan, kafe, kantin, warung termasuk juga catering. Dalam hal pajak, konsultan pajak restoran di wajibkan pajak atas pelayanan yang sudah di sediakan oleh restoran tersebut. Namun hanya yang memiliki omset penjualan di atas 10 juta rupiah perbulannya.

 Pembukuan Pada Restoran

Bentuk restoran sebenarnya menyerupai sebuah perusahaan dimana restoran wajib mempunyai pembukuan yang merupakan pencatatan secara rutin dalam pengumpulan data dan informasi keuangan restoran yang meliputi harta, kewajiban, modal, penghasilan dan biaya. Pembukuan juga berisi jumlah harga perolehan dan juga penyerahan barang atau jasa.

Sebagai penutup pembukuan di buat laporan keuangan dalam bentuk neraca dan laporan laba rugi selama masa satu tahun. Kita bisa meminta jasa konsultan pajak restoran dalam menyusun pembukuan jika mengalami kebingungan. Namun pembukuan hanya di wajibkan bagi restoran yang memiliki omzet sekitar 300 juta rupiah per tahunnya

Selain pembukuan, hal yang harus di lakukan merupakan pemeriksaan. Dalam proses pemeriksaan ini di lakukan penghimpunan dan pengolahan data, keterangan, bukti yang di kerjakan secara objektif. Dalam pemeriksaan ini juga ada standar pemeriksaan untuk menguji tingkat kepatuhan dalam memenuhi kewajiban perpajakan tingkat daerah.

Jika saja dalam penghitungan pajak kita  mengalami kesalahan maka pihak perpajakan akan mengembalikan kelebihan pembayaran tersebut. Inilah fungsi konsultan pajak restoran, yaitu menghitung pajak restoran dengan baik dan benar sehingga tidak menyebabkan kekeliruan dalam penghitungannya.

Sebagai wajib pajak, kita juga bisa mengajukan permohonan kepada pihak Bupati atau juga kepada Pejabat yang sudah di tunjuk dalam membetulkan SKPDKB, SKPDKBT, atau STPD, SKPDN atau SKPDLB yang mengalami kekeliruan dalam penulisan atau juga penghitungan saat di terbitkan. Konsultan pajak restoran akan membantu mengurus kesalahan yang sudah terjadi ini dengan baik dan benar.

Memang dalam penghitungan biaya pajak, wajib pajak harus menghitung sendiri seberapa besar pajak yang terhutang dalam jangka waktu tertentu. Sehingga fungsi konsultan pajak restoran sangat penting dalam membantu penghitungan ini.

Sanksi jika tidak membayar pajak sudah terbilang berat. Seperti sanksi jika bill/ nota/ dokumen penjualan tidak di porporasi maka akan di kenakan sanksi dalam bentuk denda sebesar 100% dari total pajak yang terhutang. Jika kita memiliki kekurangan pembayaran pajak yang terhutang maka akan di kenakan sanksi berupa bunga sebesar 2% per bulannya dan di hitung konsultan pajak restoran dari pajak yang kurang atau telat dalam pembayarannya.

Mengingat pentingnya membayar pajak, maka kita bisa menggunakan jasa konsultan pajak restoran dalam penghitungan pajak. Selain itu agar keuangan di dalam restoran dapat jelas terlihat maka kita lakukan pembukuan walaupun omset penjualannya di bawah 10 juta dengan bantuan jasa konsultan pajak restoran. Ini di lakukan agar kita bisa melihat keadaan keuangan restoran kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.