Jasa Konsultan Pajak Surabaya Timur

Jasa konsultan pajak Surabaya Timur – Pajak adalah kewajiban yang harus dibayarkan oleh wajib pajak kepada pemerintah. Wajib pajak adalah orang atau badan hukum (korporasi) yang berdasarkan undang-undang wajib membayar pajak. Pajak sebagai penerimaan asli Negara digunakan untuk pembangunan fasilitas sarana dan prasarana pendidikan, perbaikan jalan raya, dan pembangunan fasilitas kesehatan. Wajib pajak berupa korporasi atau perusahaan tidak terbatas bentuknya mulai dari firma, perseroan komandinter (cv), sampai perusahaan terbatas (PT), dll.

Para wajib pajak perusahaan ini juga diwajibkan untuk memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) sama seperti wajib pajak perseorangan. Sistem penghitungan pajak di Indonesia menggunakan sistem self assessment yang berarti Negara memberikan kepercayaan kepada wajib pajak untuk menghitung, melaporkan dan menyetorkan pajak masing-masing sendiri. Jenis pajak yang harus di bayarkan oleh wajib pajak korporasi/ perusahaan kepada pemerintah ada dua yaitu pajak penghasilan dan pajak pertambahan nilai.

1.    Pajak penghasilan (PPH)
Adalah pajak atas penghasilan wajib pajak perusahaan, ada tiga tarif yang berbeda bagi badan usaha/ perusahaan semua bergantung pada penghasilan kotornya.
a.    Untuk badan usaha  yang memiliki penghasilan bruto dibawah 4.8 miliar maka tarif pajaknya adalah 1% dari penghasilan brutonya.
b.    Untuk badan usaha yang penghasilan brutonya diatas 4.8 miliar tapi kurang dari 50 miliar maka tarif pajak penghasilannya 0.25-(0.6miliar/ pendapatan bruto) x penghasilan kena pajak.
c.    Untuk badan usaha memiliki penghasilan bruto lebih dari 50 miliar maka tarif pajaknya adalah 25% dari penghasilan kena pajak (PKP)
Hal ini berarti sebelum anda menghitung besarnya pajak penghasilan perusahaan anda maka anda perlu mengetahui besarnya penghasilan kena pajak perusahaan / badan usaha anda. penghasilan kena pajak berdasarkan undang-undang nomor 36 tahun 2008 adalah total pendapatan (gross income) dikurangi biaya yang dikeluarkan perusahaan , mulai dari biaya karyawan, telefon kantor sampai dengan air atau listrik. Bisa dikatakan penghasilan kena pajak adalah penghasilan bersih suatu perusahaan atau badan usaha. Setelah mengetahui besarnya penghasilan kena pajak barulah anda dapat menghitung besarnya pajak penghasilan perusahaan.

2.    Pajak pertambahan nilai (PPN)
Pajak pertambahan nilai adalah salah satu bentuk pajak tidak langsung untuk disetorkan oleh pihak lain yaitu pedagang yang bukan merupakan penanggung  pajak. penanggung pajak dalam pajak pertambahan nilai adalah konsumen akhir  dari barang dan jasa. Pajak ini berupa pajak yang dikenakan dalam setiap proses dari mulai produksi sampai dengan distribusi.
a.    Obyek PPN

  • Obyek dari pajak pertambahan nilai dikenakan pada penyerahan barang-barang kena pajak, dan jasa yang kena pajak di dalam wilayah pabean yang dilakukan oleh perusahaan atau badan usaha.
  • Impor barang-barang kena pajak
  • Pemanfaatan barang-barang kena pajak baik di dalam maupun diluar wilayah pabean
  • Ekspor barang kena pajak yang berwujud maupun tidak berwujud dan ekspor jasa kena pajak.

b.    Tarif  Pajak pertambahan nilai
Tarif dari pajak pertambahan nilai (PPN) berdasarkan ketentuan Undang-undang nomor 48 tahun 2009 dalam pasal 7 mengatakan bahwa tarif PPN adalah 10 %. Namun ada juga PPN sebesar 0% untuk ekspor barang kena pajak berwujud, ekspor barang kena pajak tidak berwujud dan kespor jasa-jasa kena pajak.  tarif pajak tersebut dapat berubah menjadi 5% dan paling tinggi / maksimal 15%.

Penghitungan pajak perusahaan memang sangatlah rumit, menghitung sendiri pajak perusahaan bukan oleh ahlinya dapat meningkatkan resiko kesalahan pajak. untuk itu sekarang telah ada jasa konsultan pajak Surabaya Timur yang memudahkan anda untuk membuat perhitungan pajak. jasa konsultan pajak sudah menjadi kebutuhan yang mutlak di perlukan oleh perusahaan. Jasa konsultan pajak akan memberikan jasa penghitungan pajak berdasarkan laporan keuangan perusahaan.

Selain itu jasa konsultan pajak juga bisa menjadi rekan bisnis anda untuk memberikan saran-saran penyelesaian persoalan pajak yang anda alami. Jasa konsultan pajak akan sekaligus menyelesaikan administrasi perpajakan anda sampai dengan proses pembayaran pajak. besarnya jasa konsultan pajak ini bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan anda dalam menggunakan jasanya. Untuk memilih jasa konsultan pajak tidak boleh sembarangan karena melalui jasa konsultan pajak anda akan mempercayakan seluruh laporan harta kekayaan perusahaan untuk diketahui oleh jasa konsultan pajak tersebut. Oleh karena itu pilih jasa konsultan pajak yang telah nyata terpercaya dan professional.

untuk detail informasi dan konsultasi masalah pajak maupun akuntansi silahkan hubungi:
0821-3937-3789

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.